Materi ini diambil dari berbagai sumber.

Friday, May 4, 2018

Memulai usaha dengan Sistem POAC SMM (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling )

Dalam sistem manajemen mutu ada banyak cara dalam memulai usaha, salah satunya dengan sistem Planning yaitu perencanaan, Organizing ialah pengorganisasian atau pembagian tugas dan tanggung jawab, Actuating ialah pelaksanaan dalam produksi atau pelaksanaan apapun dalam sistem perusahaan, Controlling ialah proses pengontrolan hasil udaha yang selanjutnya diadakan evaluasi untuk kebaikan kualitas produk atau sistem manajemennya. Sistem tersebut biasa disebut dengan POAC

Disini saya akan membagikan salah satu contoh sederhana pembuatan perusahaan dengan sistem POAC

A.    Planning ( Perencanaan )
1.      Menyiapkan modal
2.      Membuat penjualan sistem online.
3.      Sudah dikenal dan punya pelanggan tetap, membuka toko penjualan.
4.      Membuat toko dengan menyewa ruko dengan lokasi strategis
5.      Di awal saya akan menjual perlengkapan Olahraga, dengan jumlah karyawan 1 untuk melayani pembelian.
6.      Saya juga melayani pembelian online.
7.      Dengan meningkatnya pembelian dan kepercayaan pelanggan,  saya membuka tempat untuk mensablon sekaligus jasa  konveksi kecil-kecilan dengan pengonveksian pengusaha lain.
8.      Dengan seiring berjalannya waktu, saya akan membuat toko yang lenih besar, nyaman, dan milik sendiri tempatnya.
9.      Jika tempat dirasa cukup, saya akan membeli mesin konveksi dan sablon  baju dan bisa konveksi baju sendiri, akan tetapi dengan kain beli di perusahaan lain.
10.  Jika kualitas kain yang saya beli di perusahaan tersebut bagus dan kualitas terbaik, saya akan bekerja sama dengan perusahaan tersebut untuk memproduksi kain bagi perusahaan saya.
11.  Dengan pengonveksian baju dirasa berhasil, saya juga akan menambah pada pembuatan sepatu dan tas.
12.  Selanjutnya dengan meningkatnya pembelian online diluar kota, saya akan membuka toko cabang dibeberapa kota dan itu hanya 1 dalam 1 kota,  karena agar efisien dan pendapatan setiap toko tidak terbagi-bagi.
13.  Dengan meningkatnya produksi saya akan mensposori tim-tim sepakbola(SSB) dan futsal. Agar semua tahu bahwa perusahaan dan produksi baju saya ada, dan berkualitas tinggi.
14.  Sebelumnya saya juga akan membuat gedung kantor perusahaan. Untuk penjalanan pemasaran, kerjasama, dan sponsorship. Dengan penambahan mesin-mesin produksi dan karyawan.
15.  Seiringnya kepercayaan atas produksi yang dibuat perusahaan, Saya juga akan menawarkan kepada tim-tim liga Indonesia dengan kualitas paling terbaik.
16.  Selanjutnya saya akan memperbesar perusahaan agar kepercayaan-kepercayaan dari tim-tim sepakbola dan olahraga lainnya bisa lebih meningkat dan dapat menarik yang lainnya.
17.  Awal memulai usaha ini pada tanggal  10 Oktober 2020.

B.     Nama, Visi, dan Misi
PT. BARAKA
Alasan memberi nama Baraka, dalam Bahasa arab yaitu  barokah yang artinya berkah, keberkatan, berkat. Dan kepanjangan dari Baju Olahraga Keluargaku.
Visi :  Menjadi apparel bola nasional yang paling berkualitas.
Misi :
1.      Menciptakan produk-produk dengan design yang modern dan berteknologi tinggi.
2.      Mengembangkan produksi dengan lebih cepat, lebih efisien, kualitas terbaik dan ramah lingkungan.
3.      Mengembangkan sumber daya lebih berkompeten yang menciptakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.
4.      Menciptakan lingkungan perusahaan dan pabrik yang bersih,  nyaman,  dan kekeluargaan.


C.    Struktur Organisasi
Gambar Stuktur Organisasi

Job Description
1.      Owner : sebagai pemilik perusahaan
2.      Direktur :
a)      bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran
b)      menciptakan sistem produksi dan pemasaran
c)      melakukan negosiasi bisnis
d)      menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya.

3.      Manajer Operasional :
a)      Bertanggung jawab dalam hal operasional perusahaan mulai dari persediaan stok barang, bahan baku, pembelian, dan pengiriman barang ke customer

4.      Manajer Produksi :
a)      Bertanggung jawab dalam segala hal yang berhubungan produksi
5.      Manajer Marketing :
a)      Bertanggung  jawab dalam penjualan hasil produksi dan menawarkan produk kepada peminat atau customer
6.      Manajer Keuangan :
a)      Bertanggung jawab dalam pengaturan arus keuangan perusahaan dan laporan keuangan


D.    Actuating (Pelaksanaan)

Dengan pelaksanaan yang baik untuk tercapainya tujuan, visi, dan misi dilakukannya pemilihan tempat perusahaan dan penataan gedung, serta pemantauan pembangunan yang terorganisir, untuk proses produksi dan pemasaran dilakukan pembagian tugas sesuai struktur organisasi dan job description masing-masing karyawan.


E.     Controlling ( Pengendalian )

Jika usaha tidak berjalan sesuai keinginan, solusi yang dilakukan ialah sebagai berikut:

1.      Menyewa tempat yang strategis untuk pengoperasian perusahaan sebagai tempat sementara.
2.      Untuk setiap pemesanan diberi perjanjian tanggal jadi produknya.
3.      Jika produk hasil ada yang cacat, dicek kembali untuk perawatan mesin dan pembuatan ulang, agar kualitas tetap terjamin.
4.      Untuk mensponsori tim lain dengan timbal balik yang saling menguntungkan, agar perusahaan tidak rugi.


Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi blog ini, silahkan komentar untuk kritik dan sarannya atau bagikan blog ini. terima kasih. :D . Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment